Multimedia
Penyakit New Castle Desease (ND) pada ayam broiler
Unknown

Ayam Broiler Sakit


New Castle Desease ( ND) disebut juga dengan nama Tetelo,Pes ayam avian pneumoephalitis dan  pseudo fowl pest.
Sejarah penyakit ini di temukan di Indonesia pada tahun 1926 oleh Kraneveld . Pada mulanya di duga penyakit sampar ayam .Selanjutnya pada tahun 1927 ,Doyle melaporkan berdasarkan kasus di daerah Inggris yang bernama Newcastle on Tyne. Berdasarkan laporan tersebut ,penyakit ini diberi nama New Castle Desease atau ND .
Penyakit New Castle Desease merupakan penyakit pernapasan yang sangat ganas .Penyebab virus ini adalah virus yang mampu menggumpalkan sel – sel darah merah . Penderitaan yang paling menyedihkan , bila terjadi penggumpalan di bagian syaraf , sehingga bahkan ayam yang pernah sembuh , bisa juga di anggap pembawa penyakit.
Gejala pertama yang diketahui ,adalah gangguan pernapaan seperti megap – megap kekurangan oksigen , batuk ,bersin ,dan terdengar ngorok .Nafsu makan berkurang ,ayam lesu , kotoran cair kehijau – hijauan atau kekuning – kuningan ,dan ada kalanya bercampur darah ,Anka kematian tinggi.
Penyebaran : kontak langsung dengan ayam yang sakit ,kotoran , melalui pakan , air minum , kandang dan peralatan yang tercemar virus New Castle Desease  ( ND).
Pencegahan : Vaksinasi New Castle Desease (ND) dan Sanitasi kandang yang baik.

Unknown

Hello Gaisss! Welcome To Blog Ferdi Pardomuan Girsang!!! And Thank You For You Already Visit Blog I'm